Tiga Agenda Besar Kedatangan Raja Salman Ke Indonesia.

Mercusuardaily24. Maraknya pemberitaan di tanah air akan kedatangan RAJA SALMAN BIN ABDUL AZIZ AL SAUD membuat sebagian masyarakat indonesia tercengang. Tidak tanggung tanggung pasukan yang dibawa sebanyak 1500 orang diantaranya 10 menteri dan 25 pangeran. 

Banyaknya pasukan yang dibawa raja salman ini membuat publik indonesia bertanya tanya ada apa dengan membawa pasukan sebanyak itu. Pemberitaan media nasional saat ini menjadikan berita ini sebuah headline news.

 Kunjungan kenegaraan yang dilakukan oleh Raja Arab Saudi  dari tanggal 1-9 Maret 2017, Persiapan matang sedang dilakukan pemerintah indonesia dalam penyambutan tamu agung tersebut.Terakhir kali Raja Arab Saudi datang pada tahun 1970 silam.

Terkait hal diatas Menurut pengamat politik timur tengah Tia Maratul Kibtiah Ada tiga Agenda Besar dengan kedatangan raja salman di indonesia diantaranya Moratorim TKI, Penambahan kuota haji dan Investasi Kerjasama Minyak Bumi.

Pertama: Moratorium TKI, Pemutusan kerjasama  yang terjadi tahun 2011 dan disambung lagi tahun 2014  membuat Pemerintah Arab Saudi bingung karena indonesia tahun 2017 akan berpindah haluan dan tidak akan mengirim TKI lagi Padahal pemerintah Arab Saudi sedang butuh banyak TKI asal indonesia yang terkenal sangat manut.

Kedua. Kuota haji indonesia per tahun sebanyak 221.000 orang ini membuat pundi pundi kerajaan arab saudi bertambah banyak. Dimungkinkan adanya penambahan kuota haji oleh pemerintah Arab Saudi.

Ketiga. Kebijakan Investasi kerjasama minyak bumi dimana indonesia bukan mengarah ke saudi lagi melainkan ada kontrak oil dengan iran. Menurutnya indonesia tidak lagi menjadikan Arab Saudi sebagai barometer kerjasama luar negeri sehingga adanya kekhawatiran dari kerajaan arab saudi.

Pemerintahan jokowi saat ini lebih dekat dengan Iran, Rusia dan China yang membuat raja Salman khawatir. Di era SBY kerjasama indonesia lebih dekat  kepada USA dan Arab Saudi. 

Penulis : Ahmad Sofyan Wahid

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s