Mengapa Koalisi Cikeas Sulit tentukan Dukungan? Ini Jawabannya.

MERCUSUARDAILY24, JAKARTA — Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Ali Munhanif menilai, ada beberapa alasan mengapa Koalisi Cikeas tak kunjung menentukan arah dukungan di putaran kedua Pilgub DKI 2017. Pertama, kedua pasangan yang bersaing menurutnya mempunyai peluang yang sama untuk merebut kursi DKI satu.

“Tampaknya dua pasangan ini baik Ahok-Djarot maupun Anies-Sandi mempunyai peluang yang sama-sama kuat. Mempunyai kans yang begitu besar. Itu membuat mereka sedikit menunggu perkembangan-perkembangan apa yang akan terjadi dalam satu dua minggu ke depan ini,” kata Ali saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (24/2).

Keempat partai yang sebelumnya mengusung pasangan Agus-Sylvi juga menurutnya ingin terlebih dahulu menimbang untung-rugi jika mendukung kedua paslon yang bersaing. “Kekuatan itulah yang sebenarnya mendominasi hitung untung rugi partai seandainya sampai yang didukung entah kalah, entah kemudian menang,” tambah Ali.

Sementara dari aspek internal, partai-partai tersebut menurutnya memiliki harga yang tinggi. Sehingga, mereka terlebih dahulu melihat apa yang bisa diterima dari pasangan Ahok-Djarot atau pasangan Anies-Sandi jika partai-partai tersebut memberikan dukungannya.

“Secara internal, mereka tahu harga mereka sangat tinggi. Mereka memang memasang sikap yang betul-betul dipertimbangkan. Apa yang akan diberikan Anies ataupun Ahok. Nunggu pinangannya dengan berbagai insentif yang mungkin mereka terima. Saya tidak mengatakan uang tapi apapun itu,” terang Ali.

Sumber: Republika.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s