Korut Kurung Warga Malaysia Di Negerinya

Korea Utara (Korut) mengusir Duta Besar (Dubes) Malaysia. Pengusiran ini menyusul langkah diplomatik Malaysia yang sudah mengusir lebih dulu Dubes Korut Kang Chol.

Sebagaiamana yang dikutip AFP, Kementerian Luar Negeri Korut mengeluarkan sikap persona non grata sesuai pasal terkait dalam Konvensi Wina untuk Hubungan Diplomatik.


“Dubes Malaysia harus meninggalkan DPRK (Korut) dalam waktu 48 jam terhitung dari tanggal 5 Maret 2017, pukul 10.00 waktu setempat,” begitu bunyi pernyataan Kemenlu Korut

Walau demikian, menurut informasi yang dihimpun, Dubes Malaysia Mohamad Nizan Mohamad sudah tidak berada di Pyongyang sebelum pengusiran diplomatik dikeluarkan. Dubes Mohamad telah dipanggil pulang ke Kuala Lumpur sejak tanggal 22 Februari lalu. 

Selain mengusir dubes Malaysia, Korea Utara juga mengeluarkan peringatan larangan bagi seluruh warga negara Malaysia keluar dari wilayahnya. 

Masih dikutip dari sumber yang sama, seluruh warga negara Malaysia di DPRK dilarang meninggalkan Korut untuk sementara hingga insiden yang terjadi di Malaysia diselesaikan dengan baik.

Ketegangan hubungan Korut-Malaysia muncul setelah Malaysia menolak permintaan Korut untuk tidak mengautopsi jenazah Kim Jong-Nam (46) yang tewas usai diserang racun VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). 

Korut enggan mengakui warganya yang tewas di Malaysia sebagai Jong-Nam. Mereka menyebutnya sebagai Kim Chol yang memegang paspor diplomatik dan bersikeras bahwa dia tewas akibat serangan jantung sehingga tidak perlu diautopsi.

Korut menuding Malaysia bersekongkol dengan Korsel dalam penyelidikan kasus ini dan menyatakan tidak mempercayai hasil penyelidikan Malaysia dalam kasus Jong-Nam ini. Memburuknya hubungan kedua negara akhirnya berujung pengusiran masing-masing duta besar.

Sumber: Rakyat Merdeka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s