Sekolah Tinggi Perikanan Perkuat Kurikulum di Bidang Keberlanjutan, Inovasi & Produktivitas

JAKARTA (10/3/2017) – Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta, salah satu satuan pendidikan tinggi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), bekerja sama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO), AMSAT International, dan University of Tasmania, Australia, mengadakan kerja sama dalam rangka peningkatan kurikulum pendidikan di STP, khususnya penguatan di bidang keberlanjutan, inovasi, dan produktivitas yang dimasukkan pada kurikulum tersebut. Demikian disampaikan Ketua STP Mochammad Heri Edy, mewakili Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) M. Zulficar Mochtar.

Untuk itu, pada 6-8 Februari 2017, diadakan workshop bertema “Strengthening STP Curriculum on Productivity, Innovation and Sustainability, di STP Jakarta. Workshop ini menghadirkan dua narasumber dari University of Tasmania, yakni Chief Technical Adviser, David Milne, dan Aquaculture Expert, Prof. John Purser. 

Disampaikan Heri, pihaknya menyambut baik dan sangat mendukung kerja sama yang dilakukan. “STP Jakarta saat ini sedang berbenah diri, terutama memperbaiki kurikulum, salah satunya bekerja sama dengan UNIDO, akan diperbaiki dengan penguatan-penguatan tertentu, yaitu productivity, innovation, dan sustainability. Ini dimasukkan di dalam kurikulum, terutama yang tematik program studi, bekerja sama dengan universitas di luar negeri, yaitu University of Tasmania,” ujar Heri. 
Disampaikannya, STP memiliki enam program studi, yaitu Teknologi Penangkapan Ikan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Permesinan Perikanan, Teknologi Akuakultur, Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, dan Penyuluhan Perikanan. Ia melanjutkan, kerja sama penguatan kurikulum ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa tahun lalu. Pada 2016 dilakukan penguatan kurikulum pada Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Penyuluhan Perikanan, dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan. Sementara pada 2017 penguatan kurikulum dilakukan pada Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan, Permesinan Perikanan, dan Teknologi Akuakultur.
Setelah workshop, kegiatan dilanjutkan, Kamis (9/3/2017), di STP Jakarta, dengan mengadakan pertemuan pembahasan hasil workshop. Setiap program studi diminta dapat menyampaikan usulan kurikulum yang baru, hasil peningkatan kurikulum, pada Mei 2017. Sehingga, pada semester depan, yakni semester ganjil yang dimulai pada September 2017, kurikulum baru tersebut sudah dapat digunakan pada kegiatan perkuliahan.
Tak hanya peningkatan kurikulum, pertemuan tersebut juga membahas rencana program kerja sama lainnya yang akan dilakukan di masa mendatang, dalam meningkatkan kualitas pendidikan di STP. Rencananya, peningkatan tersebut antara lain terdiri dari pelatihan dan peningkatan kapasitas dosen, serta permagangan peserta didik di perusahaan perikanan. Berbagai upaya tersebut dilakukan untuk mendukung program prioritas KKP dari sisi pengembangan SDM, khususnya di bidang pendidikan.

Sumber: Media KKP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s