Ulama Cerdas Yang Berani Membela Basuki-Djarot 

KH. Zuhri Yakib

Jakarta, Mercusuardaily24– Berita gempar di Dki Jakarta, Barang siapa yang memilih pemimpin Dari kalangan Non Muslim mameniadakanasadnya untuk disholatkan. Seruan para ulama diatas mendapat pertentangan dari para ulama yang tidak sepaham dengan beliau.

Sebut saja KH. Zuhri Yakib yang menentang keras adanya Fatwa tersebut. Selama gubernur bisa membawa kemaslahatan bagi umat islam maka halal untuk kita pilih dalam kaidah fiqih disebutkan: Kebijakan pemimpin berdasarkan kemaslahatan rakyat. 

Dimasa khalifah Abasiah ke-16, Al mutadhid, Seorang kristen taat bernama Umar bin Yusuf, Diangkat sebagai gubernur provinsi al-anbar irak.Nashr bin harun juga kristen, bahkan dipercaya menjadi perdana menteri di masa Adud ad-Daulah (949-982) penguasa terbesar Dinasti Buyid di Iran. 

Prof Dr. Ali Gumuah, Mufti mesir telah memberikan fatwa bolehnya memilih pemimpin non muslim, Karena pemilihan pemimpin hendaknya berdasarkan pada kompetensi, kemampuan dan kecakapan bukan berdasarkan Agama. “Al-kafa’ah wa al-Kifayah wa laysa al-din. Apabila ada kemampuan dan kompetensi untuk menempati suatu jabatan berdasarkan pada undang undang yang berlaku yang meniadakab perbedaan agama. 

Penulis : Ahmad Sofyan Wahid

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s