Papua Terus Berupaya Temukan Kasus Baru HIV/AIDS


PAPUA, Mercusuardaily24DINAS Kesehatan Provinsi Papua terus berupaya menemukan kasus baru HIV/AIDS di wilayah seluruh wilayah Papua melalui pemeriksaan kolaborasi.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis AIDS, TB dan Malaria (ATM) Dinkes Papua, Bery Wopari di Jayapura, Senin (13/3) untuk menemukan kasus baru HIV/AIDS yakni dengan memeriksa warga yang terkena penyakit menular ini harus ditapis untuk diperiksa apakah ada penyakit
tuberkulosis (TB) atau tidak.

Sebaliknya semua pasien yang datang dengan keluhan batuk-batuk yang dicurigai terkena TB harus dipastikan apakah yang bersangkutan ada HIV/AIDS atau tidak. “Pasien-pasien yang terindikasi orang dalam HIV/AIDS (ODHA) ini ada yang terkena TB,” ujarnya.

Menurut dia, pasien yang datang dengan batuk-batuk maka di poli TB akan ditapis dengan pertanyaan-pertanyaan apakah yang bersangkutan mengarah ke HIV/AIDS atau tidak. “Jadi kita di Papua sesuai dengan ketetapan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan, kita memakai strategi yang namanya kolaborasi TB dan HIV/AIDS,” ujarnya.

Sumber: Media Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s