TERUNGKAP! Pedagang Susu Keliling Jadi Penyandang Dana Teror Bom Panci

Salah satu tersangka kasus teror bom panci di Taman Pandawa, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat adalah pedagang susu keliling. Pelaku bernama Sholeh alias Abu Fursan alias Zalzalat alias Gungun.

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menjelaskan, peran Sholeh dalam kasus ini adalah yang mendanai teror di Taman Pandawa Bandung. Selain itu, dialah orang yang dititipi keluarga dari Yayat Cahdiyat, tersangka yang membawa bom panci ke Taman Pandawa.

“Kelompk Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ini sel dari ISIS di Indonesia di bawah pimpinan Aman Abdurrahman. Tersangka ini tergabung ke dalam kelompok JAD ini. Mereka bekerja hasilnya dipakai buat beginia (aksi teror),” kata Boy di kantornya, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2017).

Mantan Kapolda Banten ini menambahkan keadaan seperti itu bisa terjadi jika seseorang sudah terpengaruh paham radikalisme. Apapun pekerjaannya, baik buruh, pedagang dan lainnya akan mempertaruhkan hartanya untuk menjalankan aksi teror.

“Ini kan masalah radikalisme, dia jadi buruh bangunan, jadi pedagang susu keliling, orang kalau sudah terpengaruh apapun hartanya dipertaruhkan,” katanya.

Sejauh ini, polisi sudah menetapkan tiga tersangka. Pertama adalah Yayat Cahdiyat sendiri. Yayat tewas pasca aksi baku tembak dengan polisi saat kabur ke kantor Kelurahan Arjuna. Nyawanya tidak tertolong saat perjalanan ke rumah sakit Bhayangkara Bandung pada Senin 27 Februari 2017.

Tersangka kedua adalah Agus Sujatno alias Abu Muslim. Agus berperan membeli peralatan, menyediakan rumah untuk merakit bom hingga melakukan survei bersama Yayat. Tersangka ketiga adalah Sholeh alias Abu Fursan.

Atas perbuatannya Agus dan Sholeh dijerat dengan Pasal 15 jo Pasal 7 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2003 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Sumber: Okezone.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s