YLBH RAM Indonesia membuka perekrutan dan pelatihan Paralegal

Mercusuardaily24-Yayasan Lembaga Bantuan Hukum RAM Indonesia ( YLBH RAM Indonesia ) membuka pendaftaran untuk anggota paralegal dan menggelar pelatihan paralegal. Sesuai dengan temanya yaitu ” Menciptakan Pribadi Masyarakat yang Sadar, Patuh, Taat Hukum dan Pembela Hukum Berkeadilan “, Kegiatan ini bermanfaat untuk menciptakan masyarakat sadar hukum dan menciptakan masyarakat yang mampu menjadi pembela hukum bagi dirinya sendiri.


Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari Undang-undang Bantuan Hukum. Bantuan hukum merupakan upaya untuk membantu seseorang yang tidak mampu dalam bidang hukum. Hal ini telah diatur dalam hukum positif kita yaitu di dalam pasal 28D ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, dan Undang-Undang No 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Menurut peraturan-peraturan tersebut, setiap orang yang tersangkut perkara berhak untuk mendapatkan bantuan hukum baik perkara perdata, pidana, maupun Tata Usaha Negara baik litigasi maupun non Litigasi.

Dengan hadirnya Undang – Undang Bantuan Hukum (UUBH) yang memberikan pengakuan kepada paralegal, dosen, dan mahasiswa sebagai pemberi bantuan hukum (disamping advokat), sangat diharapkan agar keadilan bukan lagi menjadi barang mewah bagi masyarakat. Selain itu melalui UUBH ini dapat digunakan sebagai landasan hukum bagi paralegal untuk memberdayakan dan juga mengedukasi masyarakat. Kegiatan ini direncanakan akan dislenggarakan tanggal 25 sampai dengan 27 April 2017 di jakarta. untuk informasi lebih lanjut bisa langsung datang ke kantor YLBH RAM Indonesia jalan Ketapang No, 14, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.Kegiatan ini juga memberikan pelatihan teknik pembelaan di lembaga peradilan.

Sumber: Blog YLBH RAM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s