Politik Tanpa Mahar Nasdem di Apresiasi


MI/Arya Manggala

Mercusuardaily24-DEKLARASI dukungan yang dilakukan Partai NasDem ke Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk menjadi calon Gubernur Jawa Barat, mendapat apresiasi. Dukungan ini pun diharapkan menjadi angin segar bagi perpolitikan nasional.

Pengamat politik Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan bahwa pada prinsipnya hal tersebut harus diapresiasi. Pasalnya, Partai NasDem dinilai berani mengambil keputusan meski kontestasi pilkada Jawa Barat masih terhitung cukup lama.

“Tentu harus diapresiasi karena waktu pemilihan kepala daerah Jawa Barat masih 15 bulan lagi. NasDem berani mendeklarasikan dukungan ke seseorang yang justru bukan kader partainya,” tutur Yunarto di Jakarta, Minggu (19/3)

Selain itu, politik tanpa mahar yang dilakukan Partai NasDem juga dinilai sebagai budaya baru yang positif bagi politik Indonesia. Pasalnya, jika tidak ada ikatan apapun kepada seorang calon, kualitas calon tersebut akan jauh dari kata degradasi.

“Ibaratnya kalau belum apa-apa sudah ada banyak kontrak, dipastikan calon tersebut sudah terdegradasi kualitasnya dan tidak ada keberpihakan ke masyarakat. Itu karena semuanya akan diklaim oleh parpol pengusungnya,” sambung Yunarto.

Sumber: Media Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s