Golkar dan NasDem Sepakat Calonkan Jokowi

MERCUSUARDAILY24-KETUA Umum Partai Golkar Setya Novanto dalam rapat konsultasi nasional Partai Golkar di Sanur, Bali, tadi malam, mengatakan Partai Golkar dan Partai NasDem telah berkoordinasi untuk menghadapi Pemilihan Presiden 2019. Kedua pihak sepakat untuk tetap mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden di Pilpres 2019 tersebut.

“Dalam waktu dekat ini akan ada pertemuan bersama antara Golkar dan NasDem. Mulai dari para anggota DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten, baik dari NasDem maupun Golkar, para kepala daerah dari kedua partai, untuk mematangkan dukungan terhadap Jokowi di 2019,” papar Novanto.

Novanto menjelaskan Golkar dan NasDem sepakat mendukung Jokowi jauh-jauh hari sebelum pilpres dimulai. Hal tersebut bertujuan mencegah adanya kesepakatan-­kesepakatan yang mengganjal.

Dengan kemantapan yang lebih awal dari partai-partai pengusung, Novanto berharap langkah Jokowi semakin matang kembali memasuki bursa calon presiden pada 2019.

Meski baru akan memantapkan kesepakatan bersama NasDem, Novanto menginginkan PDIP dan partai-partai lainnya juga mau mengusung Jokowi. Pihaknya membuka pintu pertemuan untuk partai-partai lain, bersama-sama dengan NasDem.

“Dalam pertemuan itu, NasDem dan Golkar akan membuat komitmen bersama secara nasional agar tetap mendukung Jokowi di 2019,” papar Novanto.

Dalam kesempatan tersebut, Novanto mempertanyakan sikap partai-partai lain yang ada di luar pemerintah sekarang. Pasalnya, belum ada partai yang tegas akan mengusung calon tertentu dalam Pilpres 2019.

“Kita tidak tahu apakah Partai Gerindra tetap akan mendukung Prabowo menjadi presiden atau lainnya. Demikian juga dengan partai-partai lainnya seperti PKS, Demokrat, dan sebagainya. Golkar dan NasDem sudah mengumumkan calon presiden sejak saat ini agar publik lebih dahulu mengetahui-nya,” tutur Novanto.

Dalam beberapa kesempatan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh juga sudah mengumumkan NasDem tetap akan mendukung Jokowi pada Pilpres 2019.

Novanto juga sebelumnya telah berkali-kali menyebut Partai Golkar akan kembali mendukung Jokowi. Pengumuman kali ini hanya penegasan tentang keinginan kedua partai dan rencana untuk meresmikan dukungan tersebut. (OL/P-1)

Sumber: Media Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s