​6 Misteri yang Belum Sanggup Dipecahkan Ilmuwan

Tak hanya hal besar. Penyebab ada orang bertangan kidal pun masih jadi misteri. Apa lagi misteri lainnya?
Dream – Ilmu pengetahuan memang menakjubkan. Dengan ilmu pengetahuan, manusia mampu mengungkap beragam misteri kehidupan.
Tapi ilmu pengetahuan juga punya keterbatasan. Tidak semua misteri kehidupan bisa dipecahkan. Masih banyak fenomena lain yang belum bisa terjawab.
Dilansir dari BrightSight.me, berikut adalah enam misteri yang hingga kini masih belum bisa dijelaskan oleh para ilmuwan.
1. Hujan Agar-agar

Fenomena yang tidak biasa terjadi di Oakville, Washington, pada bulan Agustus 1994. Alih-alih air, yang turun saat hujan adalah zat seperti jelly. Keesokan harinya, puluhan orang mengalami gejala flu.
Para ilmuwan menganalisis zat tersebut yang ternyata berisi dua jenis bakteri. Salah satunya biasa ditemukan dalam sistem pencernaan manusia.
Namun mereka tidak bisa menemukan hubungan antara bakteri dan epidemi misterius setelah hujan agar-agar itu.
2. Materi gelap

Sekitar 27% penyusun alam semesta adalah materi gelap. Materi ini tidak memancarkan atau berinteraksi dengan radiasi elektromagnetik, sehingga tidak mungkin untuk mendeteksinya.
Teori pertama tentang materi gelap ini muncul sekitar 60 tahun yang lalu. Tetapi para ilmuwan belum menemukan bukti langsung tentang keberadaannya.
3. Orang bertangan kidal

Sebagian besar manusia (70% sampai 95%) bekerja dengan tangan kanan, sementara hanya 5% sampai 30% yang kidal.
Gen memiliki pengaruh terhadap ‘kekidalan’ seseorang. Tapi gen tangan kidal sulit diidentifikasi.
Lingkungan sosial juga berpengaruh. Ketika seorang anak kidal dilatih untuk menulis dengan tangan kanan, beberapa dari mereka akhirnya hidup dengan mengandalkan tangan kanan.
4. Megafauna yang punah

Binatang-binatang purba berukuran raksasa, yang biasa disebut Megafauna, tiba-tiba menghilang 10 ribu tahun yang lalu.
Sebagian ilmuwan percaya iklim yang membunuh mereka semua. Tapi tidak ada bukti kuat yang mendukung teori tersebut.
Sementara menurut teori lainnya, binatang-binatang purba itu mati karena kelaparan. Namun para ilmuwan di Alaska menemukan sisa-sisa Mammoth (gajah purba) yang masih utuh dengan isi perut penuh dengan rumput yang belum dicerna.
5. Manusia punya golongan darah berbeda

Golongan darah memiliki antigen yang berbeda dalam sel darah. Gunanya antigen adalah sebagai sinyal bagi antibodi untuk menghancurkan sel-sel asing dalam tubuh.
Tetapi para ilmuwan tidak memiliki jawaban mengapa golongan darah bisa berbeda. Ada pendapat bahwa hal itu terkait dengan penyakit dan kekebalan tubuh.
Orang dengan golongan darah B lebih rentan terhadap penyakit E. coli. Sementara orang dengan golongan darah O memiliki risiko yang lebih kecil untuk meninggal jika terserang malaria.
6. Bagaimana bentuk dari alam semesta?

Terdapat dua aspek untuk menemukan bentuk dari alam semesta, yaitu lokal dan global geometri. Tidak ada seorangpun yang mengetahui bentuk dari alam semesta ini, dan apakah bentuknya terbuka ataupun tertutup.
Menurut ilmuwan dari NASA, alam semesta ini memiliki bentuk datar berdasarkan pada metode Wikinson Microwave Anisotropy Probe. Namun, misteri ini masih menjadi perdebatan besar pada kosmologi fisika.
Geometri lokal berdasarkan kelengkungan alam semesta, sementara itu global geometri berdasarkan pada topologi alam semesta.
“Apakah alam semesta itu memiliki batas atau tidak berbatas?” ini juga merupakan salah satu pertanyaan yang menjadi misteri terbesar dikalangan para ilmuwan.
Sumber: dream.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s