Pemberontak Suriah Bantah Klaim Rusia Soal Gudang Senjata Kimia

Damaskus, Mercusuardaily24 – Komandan pemberontak Suriah membantah pernyataan Rusia soal gas beracun yang menewaskan banyak orang, berasal dari gudang senjata kimia milik mereka yang digempur rezim Suriah. Pemberontak di Idlib menegaskan tidak ada posisi mereka yang diserang pasukan rezim Suriah.


Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Rusia menyebut serangan udara rezim Suriah mengenai sebuah gudang yang digunakan untuk menyimpan zat-zat kimia dan beracun di dekat kota Khan Sheikhun, Provinsi Idlib pada Selasa (4/4) waktu setempat. 

Seperti dilansir Reuters, Rabu (5/4/2017), komandan kelompok pemberontak Free Idlib Army, Hasan Haj Ali, menyatakan tidak ada posisi kelompoknya di Provinsi Idlib yang menjadi target serangan pada Selasa (4/4) waktu setempat. 

“Semua orang melihat ada pesawat yang mengebom dengan gas,” tutur Hasan Haj Ali kepada Reuters, dari Suriah.


“Sebaliknya, seluruh warga sipil di wilayah itu tahu bahwa tidak ada posisi militer di sana, maupun tempat untuk pabrik (senjata). Berbagai faksi oposisi tidak mampu memproduksi zat semacam ini,” imbuhnya.

Dengan tegas, Hasan Haj Ali menyebut pernyataan Rusia sebagai ‘sebuah kebohongan’. 

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan gudang di Khan Sheikhun itu digunakan untuk menyimpan ‘persediaan senjata kimia’ yang akan disalurkan ke Irak. Rusia menyatakan, informasi yang disampaikannya ini ‘sungguh bisa dipercaya dan objektif’. Dalam konflik Suriah, Rusia merupakan sekutu rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad. 

Serangan kimia di Idlib itu menewaskan sedikitnya 72 orang, termasuk 20 anak-anak. Organisasi pemantau konflik Suriah, Syrian Observatory for Human Rights menyebut serangan itu membuat puluhan orang lainnya mengalami gangguan pernapasan dan gejala keracunan seperti muntah, pingsan dan berbusa di mulut. 



Dunia internasional pun mengecam serangan kimia itu. Amerika Serikat (AS), Prancis dan Inggris telah mengajukan draf resolusi pada Dewan Keamanan PBB, yang isinya meminta penyelidikan menyeluruh atas serangan di Suriah tersebut. 

Sumber: Detik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s